KONDSI DAN PERULANGAN DALAM BAHASA C#

1.    Program Ifelse

using System;

namespace indah_1855301087_Belajarifelse
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int angka;

        Console.WriteLine("Silahkan inputkan angka antara 0 dan 10");
        angka = int.Parse(Console.ReadLine());

        if (angka > 10)
            Console.WriteLine("Hi! Anka yang diinputkan harus antara 0 dan 10");
        else if (angka < 0)
            Console.WriteLine("Hai! Angka yang diinputkan harus besar dari 0");
        else
            Console.WriteLine("Mantul Gan!!");

        Console.ReadLine();
    }
}

}

Ouput :

Penjelasan :

Statement IF digunakan untuk mengeksekusi beberapa kode program apabila mempunyai kondisi True atau False.

Statement IF menentukan kondisi ekspresi yang akan dievaluasi. Apabila kondisi benar, pernyataan dalam kurung kurawal “{}” akan dieksekusi.
Apabila kondisi salah, maka akan di abaikan Kemudian komputer akan melanjutkan program yang berada setelah tubuh dari statement IF tersebut.

Dalam Menggunakan Statement IF kita juga dapat memanfaatkan Operator Relational untuk membangun logika dengan Statement IF.

            int angka; //merupakan pendefisian variable angka

            Console.WriteLine(“Silahkan inputkan angka antara 0 dan 10”);

            angka = int.Parse(Console.ReadLine());//mengambil nilai yang dinnputkan.

     if (angka > 10)//kondisi angka lebih besar daripada 10

                Console.WriteLine(“Hi! Anka yang diinputkan harus antara 0 dan 10”);

            else if (angka < 0)//kondisi angka lebih kecil daripada nol

                Console.WriteLine(“Hai! Angka yang diinputkan harus besar dari 0”);

            else //kondisi dimana angka tidak memenuhi kondisi diatas

                Console.WriteLine(“Mantul Gan!!”);

            Console.ReadLine(); //membaca hasil dari program

Pada statement if else diatas dapat dilihat didalam kurung terdapat penggunaan operator relational. Apabila nilai yang dimasukan memenuhi condisi tersebut maka output yang akan muncul adalah pernyataan yang terdapat didalam kondisi tersebut.Namun apabila kondisi tersebut tidak sesuai dengan pernyataan maka,program akan melanjutkan ke kondisi dibawahnya. Namun apabila tidak ada stement yang sesuai maka program akan menampilkan statement terakhir yaitu else

2.    Program Switch

using System;

namespace Indah_1855301087_BelajarSwicth
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int number = 1;
switch(number)
{
case 0:
Console.WriteLine(“ini anka 0”);
break;
case 1:
Console.WriteLine(“ini angka 1”);
break;
}
Console.ReadLine();
}
}
}

 Output :

3.    Program Belajar Switch 2

using System;

namespace Indah_1855301087_Latno3
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine(“Apakah c# menarik? (ya/tidak/biasa)”);
string input = Console.ReadLine();
switch (input.ToLower())
{
case “iya”:
case “biasa”:
Console.WriteLine(“Luar Biasa”);
break;
case “tidak”:
Console.WriteLine(“Yah,sayang banget!”);
break;
default:
Console.WriteLine(“Maaf, inputan anda tidak dapat dipahami”);
break;

        }
        Console.ReadLine();
    }
}

}

Ouput :

Penjelasan :

Statement Switch memastikan persamaan antara, nilai variable input dengan nilai yang ada pada case didalam Switch. Apabila nilai sama, maka operasi akan di eksekusi.Didalam sebuah pernyataan Switch terdapat beberapa pernyataan case,apabila variabel yang dituju sama nilainya dengan nilai case maka pernyataan dalam case akan di eksekusi.Pada penggunaan switch setiap akhir dari case harus dipisahkan dengan break.

4.    Program While Loop

using System;

namespace Indah_1855301087_WhileLoop
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int angka = 0;
while (angka < 5)
{
Console.WriteLine(“Angka ke-” + angka);
angka = angka + 1;
}
Console.ReadLine();
}
}
}

Output :

Penjelasan :

Perulangan While berulang kali mengeksekusi statement atau pernyataan sampai dengan suatu kondisi yang ditetapkan telah terpenuhi.

Pada contoh di atas nilai variabel ditetapkan terlebih dahulu yaitu, int nilai yang bernilai 0.
Kemudian Perulangan while akan memastikan kondisi, yang mana kondisi tersebut adalah ( angka < 5 ), setelah itu program akan mengeksekusi statement yang ada pada tubuh perulangan, dengan increment nilai dari variabel nilai.
Setelah pengulangan ke 4 maka nilai pada variabel nilai akan bernilai 5, dan kondisi menjadi bernilai false atau salah. saat hal tersebut terjadi maka perulangan akan berhenti.

5.    Program DoWhile

using System;

namespace Indah_1855301087_DoWhile
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int angka = 0;
do
{
Console.WriteLine(“Angka ke-” + angka);
angka = angka + 1;
}
while (angka < 5);
Console.ReadLine();
}
}
}

Output :

6.    Program ForLopp:

using System;

namespace Indah_1855301087_ForLoop
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int number = 5;

        for (int i = 0; i < number; i++)
            Console.WriteLine(i);

        Console.ReadLine();
    }
}

}

Ouput:

Penjelasan :


Pada Syntax di atas, A akan di eksekusi terlebih dahulu, dan tidak akan di ulang, dalam artian A tidak masuk dalam pengulangan. Kemudian B akan di evaluasi, dan Selanjutnya tubuh perulangan akan di eksekusi, apabila kondisi bernilai benar.
Setelah itu pernyataan Increment akan mengatur pengulangan. Dan pada akhirnya tubuh perulangan akan mengulang dengan sendiri, dan akan berhenti apabila kondisi bernilai salah.

Pada Syntax di atas, A akan di eksekusi terlebih dahulu, dan tidak akan di ulang, dalam artian A tidak masuk dalam pengulangan. Kemudian B akan di evaluasi, dan Selanjutnya tubuh perulangan akan di eksekusi, apabila kondisi bernilai benar.
Setelah itu pernyataan Increment akan mengatur pengulangan. Dan pada akhirnya tubuh perulangan akan mengulang dengan sendiri, dan akan berhenti apabila kondisi bernilai salah.

Pada A kita deklarasikan dengan Variabel ‘i’ dan mengatur nilainya dengan angka 0.
a < number merupakan Kondisi.
setelah Iterasi, increment ( i++ ) akan di eksekusi.
Saat a bernilai 5 maka kondisi menjadi salah, dan pengulangan akan berhenti.

Output :

 

7.    Program ForEach:

using System;
using System.Collections;

namespace Indah_1855301087_ForEach
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
ArrayList list = new ArrayList();
list.Add(“Ricky”);
list.Add(“Lee”);
list.Add(“Rina”);

        foreach(string nama in list)
        Console.WriteLine("Nama dalam list : "+nama);

        Console.ReadLine();
    }
}

}

Output:

Penjelasan :

using System.Collections;

Collection hampir mirip dengan array, Array memang sangat berguna untuk mengelompokan banyak object, akan tetapi kelemahanya disini adalah Array harus di set dengan ukuran yang di tentukan. Berbeda dengan Array, Collection menyediakan cara yang lebih effisien dalam pengelompokan object. Ukuran Collection bersifat Dinamis, jadi dapat membesar dan menyusut meyesuaikan banyaknya object yang di kelompokan.

Perulangan ini adalah fungsi perulangan yang digunakan untuk melakukan perulangan pada elemen-elemen larik didalam array tanpa perlu kita menspesifikasikan batas lari yang bersangkutan.

 ArrayList list = new ArrayList();//pendeklarisian pembuatan array
        list.Add("Ricky");//menambahkan nilai kedalam array
        list.Add("Lee");
        list.Add("Rina");

        foreach(string nama in list)
        Console.WriteLine("Nama dalam list : "+nama);

Didalam statement foreach terdapat (string nama in list)
Yang berarti program akan terus melakukan lopping sebanyak elemen elemen larik yang terdapat didalam array list.

        Console.ReadLine();

8.    Program  ForEach

using System;

namespace Indah_1855301087_BelajarArray
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int[] numbers = { 4, 3, 8, 0, 5 };
Array.Sort(numbers);

        Console.WriteLine("Berikut angka yang diurutkan ");
        foreach (int i in numbers)
            Console.WriteLine("-->" + i);

        Console.ReadLine();
    }
}

}

int[] numbers = { 4, 3, 8, 0, 5 };//Pendeklarasian pembuatan array
Array.Sort(numbers);

Array sort digunakan untuk mengurutkan nilai elemen elemen didalam array numbers dari yang terkecil hingga yang terbesar.

        Console.WriteLine("Berikut angka yang diurutkan ");
        foreach (int i in numbers)
            Console.WriteLine("-->" + i);

Foreach digunakan untuk melakukan perulangan sebanyak elemen elemen larik yang terdapat didalam array numbers.

9.    Program BelajarList

using System;
using System.Collections.Generic;
namespace Indah_1855301087_BelajarList
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
//versi 1
List Listnama = new List()
{ “Budi”,”Hasan”,”Santoso”};

        Console.WriteLine("Isi dari list indeks ke 0: "+Listnama[0]);

        //versi 2
        var angka1 = new List<int>();
        angka1.Add(2);
        angka1.Add(3);
        angka1.Add(5);
        angka1.Add(7);
        Console.WriteLine("Total isi list 1: " + angka1.Count);

        //versi 3
        var angka2 = new List<int>() { 2, 3, 5, 7 };
        Console.WriteLine("Total isi list 2: " + angka2.Count);

        Console.ReadLine();
    }
}

}

Output :

Penjelasan :

using System.Collections.Generic;
Generic Collection digunakan apabila Element dalam Collection mempunyai tipe data yang sama. Net framework menyediakan beberapa Class Generic Collection, yang berguna untuk menyimpan maupun memanipulasi Data, salah satunya adalah list.

List mewakili jumlah object pada program yang dapat di akses menggunakan index. Dengan menggunakan list kamu dapat membuat kumpulan dari berbagai object dengan jenis tipe data yang berbeda – beda.

Syntax dasar list :
List namaList = new List ();
//versi 1
List Listnama = new List()//pendeklarasiaan list
{ “Budi”,”Hasan”,”Santoso”};//value dari list

        Console.WriteLine("Isi dari list indeks ke 0: "+Listnama[0]);

Pada list versi 1,program menampilkan value dari pada indeks ke 0. Dengan value yang sudak dideklarisikan di awal pembuatan list.

        //versi 2
        var angka1 = new List<int>();
        angka1.Add(2);
        angka1.Add(3);
        angka1.Add(5);
        angka1.Add(7);
        Console.WriteLine("Total isi list 1: " + angka1.Count);

Pada versi kedua value list angka 1 ditambahkan secara manual dengan menggunakan add.
Count pada baris terakhir digunakan untuk menghitung jumlah value yang berada dalam list angka1.

 //versi 3
        var angka2 = new List<int>() { 2, 3, 5, 7 };
        Console.WriteLine("Total isi list 2: " + angka2.Count);

        Console.ReadLine();

Pada list versi 3,pendeklarasian listnya sama seperti pada versi pertama dengan tipe data var. Var merupakan salah satu tipe data pada bahasa pemrograman C# yang bersifat special. Dengan tipe data var, compiler akan secara otomatis mendeteksi nilai pada variable tersebut, kemudian memastikan, apakah nilai pada variable bertipe string, double, char, integer ataukah boolean.

10.Program Dictionary

using System;
using System.Collections.Generic;

namespace Indah_1855301087_BelajatDictionary
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
//versi 1
Dictionary nama = new Dictionary();
nama.Add(“Budi Santoso”, 42);
nama.Add(“Iwan Handoko”, 38);
nama.Add(“Rini Sulastri”, 12);
nama.Add(“Tatik Lestari”, 12);
Console.WriteLine(“Versi 1”);
Console.WriteLine(“Budi Santoso berusia ” + nama[“Budi Santoso”] + “tahun”);

        //versi 2
        Console.WriteLine("Versi 2");
        string key = "Iwan Handoko";
        if (nama.ContainsKey(key))
            Console.WriteLine("Iwan Santoso berusia " + nama["Budi Santoso"] + nama[key] + "tahun");

        //versi 3
        Console.WriteLine("versi 3");
        foreach (KeyValuePair<string, int> user in nama)
        {
            Console.WriteLine(user.Key + "berusia " + user.Value + "tahun");

        }
        Console.ReadLine();
        Console.WriteLine("Hello World!");
    }
}

}

Penjelasan :

Dictionary merupakan salah satu dari Colletion.Generic. sama hal seperti list.

Dictionary merupakan Koleksi dari beberapa Nilai yang bersifat unique atau unik dimana nilai tersebut digunakan untuk mengakses value yang sesuai. Setiap Value memiliki Key yang berbeda, contoh dasarnya seperti buku kontak telepon.

            //versi 1

            Dictionary<string, int> nama = new Dictionary<string, int>();

            nama.Add(“Budi Santoso”, 42);

            nama.Add(“Iwan Handoko”, 38);

            nama.Add(“Rini Sulastri”, 12);

            nama.Add(“Tatik Lestari”, 12);

            Console.WriteLine(“Versi 1”);

            Console.WriteLine(“Budi Santoso berusia ” + nama[“Budi Santoso”] + “tahun”);

  Dictionary<string, int> nama = new Dictionary<string, int>();

Baris diatas merupakan pendeklarasian dictionary dengan 2 data,yang berarti memiliki 2 value didalam satu indeks dictionary. Add digunakan untuk menambahkan nilai kedalam dictionary dengan urutan value yang sesuai dengan pendeklarasian dictionary. Pada dictionary versi 1 program akan mencari nilai value kedua degan nama Budi Santoso untuk value umur dari nama tersebut.

LATIHAN :

  1. Silahkan gunakan operator AND dan OR untuk menyederhanakan pernyataan if else pada kode Program 1

Jawab:

class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int angka;

        Console.WriteLine("Silahkan inputkan angka antara 0 dan 10");
        angka = int.Parse(Console.ReadLine());

        if (angka > 10 & angka < 0 | angka <0)
            Console.WriteLine("Hi! Anka yang diinputkan harus antara 0 dan 10 atau Hai! Angka yang diinputkan harus besar dari 0");
        else
            Console.WriteLine("Mantul Gan!!");

        Console.ReadLine();
    }
}

}

2. Silahkan buat sebuah kode program sederhana yang menerima inputan string berupa nama kamu. Jika inputan bukan nama kamu, maka akan muncul output “ Maaf,nama anda tidak dikenali”. Jika,benar maka muncul ouput “Selamat Datang”.

Jawab :

using System;

namespace Indah_1855301087_latno2
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
string nama = “indah”;

        Console.WriteLine("Silahkan masukan nama anda");
        string cek = Console.ReadLine();

        if (cek.Equals(nama))
            Console.WriteLine("Selamat Datang " + nama);
        else
            Console.WriteLine("Maaf, nama anda tidak dikenali");

        Console.ReadLine();

    }
}

}

Output

3. Silahkan tambahkan “Default” pada kode program ke 3 yang memiliki output “ Maaf, inputan anda tidak dapat dipahami:.

Jawab:

using System;

namespace Indah_1855301087_Latno3
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine(“Apakah c# menarik? (ya/tidak/biasa)”);
string input = Console.ReadLine();
switch (input.ToLower())
{
case “iya”:
case “biasa”:
Console.WriteLine(“Luar Biasa”);
break;
case “tidak”:
Console.WriteLine(“Yah,sayang banget!”);
break;
default:
Console.WriteLine(“Maaf, inputan anda tidak dapat dipahami”);
break;

        }
        Console.ReadLine();
    }
}
  • 4. Silahkan buat kode program untuk menampilkan nama bulan berdasarkan urutannya dengan menggunakan switch  pada c#. Misal 1=januari, 2=Februari, 3=Maret

Jawab:

Program:

using System;

namespace Indah_1855301087_Latno4
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int bulan;

        Console.WriteLine("Silahkan masukan urutan bulan");
        bulan = int.Parse(Console.ReadLine());

        switch (bulan)
        {
            case 1:
                Console.WriteLine("Januari");
                break;
            case 2:
                Console.WriteLine("Februari");
                break;
            case 3:
                Console.WriteLine("Maret");
                break;
            case 4:
                Console.WriteLine("April");
                break;
            case 5:
                Console.WriteLine("Mei");
                break;
            case 6:
                Console.WriteLine("Juni");
                break;
            case 7:
                Console.WriteLine("Juli");
                break;
            case 8:
                Console.WriteLine("Agustus");
                break;
            case 9:
                Console.WriteLine("September");
                break;
            case 10:
                Console.WriteLine("Oktober");
                break;
            case 11:
                Console.WriteLine("November");
                break;
            case 12:
                Console.WriteLine("Desember");
                break;
            default:
                Console.WriteLine("Maaf,angka yang anda masukkan salah");
                break;
        }
        Console.ReadLine();
    }
}

}

Output

  • Kapan sebaiknya For Loop digunakan pada pembuatan program ?

Jawab :

Forloop dapat digunakan pada program dengan perulangan yang sudah ditentukan dan dimulai dari nilai awal yang dapat ditentukan dari awal.

  • Apa yang terjadi jika,using.System.Collection; pada kode program Loops ke 4 dihapus?

Jawab:

Baris program yang terdapat ArrayList akan mengalami error .Karena fungsi dari class collection hampir sama dengan array untuk menyimpan Item yang bertipe Object namun ukuran nya dinamis, jadi dapat membesar dan menyusut meyesuaikan banyaknya object yang di kelompokan.

  • Dengan kode program serupa,silahkan gunakan For Loop pada contoh program Array di atas untuk menampilkan nomor indeks array.

Referensi :

Perulangan While pada bahasa pemrograman C#

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: